Thursday, October 21, 2010

Status facebook untuk pembentukan citra diri

Saya agak gimanaaaaaa gitu bacain status makhluk-makhluk di facebook beberapa bulan belakangan ini. Mulai dari rutinitas bangun tidur - maen - ampe tidur lagih *masaoloh*, curhat pacar, ampe komplen ama Tuhan juga dipajang. Belum lagi yang kata statusnya tu orang lagi sakit parah tapi ko ya bisa mencet status segitu panjang. Jadi takjup setakjup-takjupnya saya sama mereka-mereka ituh.

Bukan salah mereka yang suka naro status aneh-aneh, mungkin saya aja yang seharusnya ngedelete mereka dari friendlist saya. Hahaha. *evilgrin*

Sampek kadang-kadang orang yang tadinya saya ga kenal-kenal banget, jadi merasa akrab gara-gara dia pasang status tiap tiga jam sekali *ampundehyatuhantolong*. Entah dia yang emang ga da kerjaan ataukah itu salah satu citra diri yang pengen mereka bentuk melalui salah satu dari sekian banyak media sosial yang muncul belakangan ini.

Citra diri? Apaan tuh? Media sosial? Naon deui eta?

Okeh. Saya semedi dulu biar dapet wangsit.


Meminjam sebuah istilah lama, media sosial sekarang-sekarang ini lagi naek daun. Tiga sampek empat taun kebelakang, macam media sosial ini bisa diitung pake sebelah jari. Eh sebelah tangan deh. Sekarang muley ada Facebook, Friendster, Wikipedia, YouTube, Flickr, Twitter, Koprol, My Space, Hi5, Multiply dan sederet nama laennya yang saya sendiri ga tauuuuu saking banyaknyah.

Hari gini siapa yang belum punya (salah satu dari) wadah buat berinteraksi, buat posting tulisan, gambar, video, dan audio kaya yang saya sebutin di atas?? Minimal banget facebook pasti pada punya kan?? Iya kan?? Iya dong?? Bener kan?? Bener dong?? *maksa*

Sedangkan secara sederhana citra diri itu gambaran atau potret diri kita. Apa yang kita katakan, yang kita lakukan, yang kita kenakan, yang menjadi prinsip dalam hidup kita, semuanya membentuk sebuah kesan atas diri kita.

Nah, citra diri ini bisa terbentuk dari pembelajaran maupun pengalaman yang pada akhirnya menjadi sebuah keyakinan mengenai siapa sesungguhnya diri kita ini. Keyakinan inilah yang akan terus tertanam di otak dan mengendap di dalam pikiran bawah sadar kita, yang secara sadar atau tidak *hanya orang yang bersangkutan yang tau* dituangkan makhluk-makhluk itu dalam salah satu bentuk media sosial bernama facebook.

Jadi apa hubungannya facebook sama citra diri, Neng Geulissss??

Sabar atuh akang.. eneng.. Saya napas dulu!

Facebook yang awalnya di buat oleh Mark Zuckerberg untuk menggabungkan salah satu komunitas (Harvard College) agar dapat melakukan koneksi dan interaksi, makin kesini jadi berubah fungsi. Di Indonesia sendiri, facebook dimanfaatkan mulai dari bisnis online, kampanye, nambah temen, maen games, cari perhatian, untuk melakukan penipuan atau kejahatan, sampek bisnis esek-esek. *astagpiruloh*

Status facebook, yang mungkin saja kamu update tiap hari, bisa memberikan citra atau image yang positif dan negatif terhadap diri kamu. Yang lebih luas lagi adalah citra terhadap sekeliling kamu, tentunya jika apa yang kamu posting mengenai orang-orang sekitar, atau lingkungan sekitar, atau negara tempat kamu tinggal sekarang. Kamu bisa memilih.

Mencari seribu musuh gampang-gampang saja. Tapi mencari satu kawan yang benar-benar mengerti kamu sangatlah tidak mudah. Apa yang kamu posting, kamu upload, kamu perlihatkan, kamu perdengarkan, kamu sampaikan melalui status bisa saja membuat apa yang kamu punya hilang begitu saja.

Ga perlu ribet-ribet sebenernya cara untuk membentuk gambaran diri yang baik. Hanya perlu sebarkan berita baik, konten yang baik (foto, ilustrasi, video). Status yang informatif, edukatif, inspiratif. Hingga apa yang kamu bagi selain bisa membentuk citra diri kamu jadi lebih positif juga memberikan efek yang baik untuk orang-orang terdekat.

Kembali lagi, adalah hak saya, kamu, dan mereka mau menggunakan media sosial untuk tujuan apa, termasuk untuk membentuk citra diri. Jika tidak suka atau terganggu, yah cukup delete aja dari friendlist, beres kan. Lain halnya jika kamu merasa dirugikan yah, itumah langsung aja laporin ke pak RT. :p

Sekecil apapun hal yang kamu bagi mungkin saja berpengaruh banyak buat orang lain. Meskipun itu hanya sebuah status.


*pic taken from here

12 comments:

  1. Saya kadang suka merasa sebal sama orang2 di FB yang rajin gonta-ganti status. Kadang bisa lima menit sekali ganti! Aisdaaah... ga penting banget deh ih.

    ReplyDelete
  2. STATUS GW MENIT INI: "ADA YG TAU DOKTER GIGI + BEDAH MULUT YG CIAMIK N CANTIK GA, GERAHAM GUE PENGEN DICABUUUT NIH, SAKIIT EUY...."
    PLEASE SMS GUE YA 0817823776
    maaf ga punya FB jadi numpang status disini ajaah peace chiiee :P

    ReplyDelete
  3. kita-kita kan mau eksis wkwkwkw....

    eksis gw hari ne "gw tidur jangan digangu"

    *sangking eksisnya tidur ajah masih updatestatus hehehehe* ^^v

    ReplyDelete
  4. @kimi: hehehe, knp ga diapus aja neng orgnya dr friendlist kalo emg annoying bgt statusnya :p

    @tam: hahahaha dodol.. Sikattt gigi yg rajin mangkanya tammmm :p

    @fie: hahaha punya indra ke enam kali yak, sambil tdr tetep bs pasang status :p

    ReplyDelete
  5. @langkah fie: lucu sekaliiiii wkwkwkwkwkwk =))

    @adek ak: Yaolooo adeknyaaaa akuuuu, ak masih pgn liat perkembangan para pecandu ituuuu :D

    ReplyDelete
  6. apa orang yang tampak hebat itu benar benar hebat?saya sering ketemu orang yg kalau ngomong wuih...kayak dewa, eh..perilakunya nol besar. Apa emang org kayak gitu ya?

    ReplyDelete
  7. Haha.. Nice thought nih. Apalagi kalo yang majang status itu artis atau orang2 berpengaruh. Salah dikit bisa runyam. Kalo aku pribadi sih kudu melacur di social media, kalo gak gak punya duit.. ;)

    ReplyDelete
  8. Keren! :)
    Aku ga punya facebook, twitter pun jarang diupdate, multiply apalagi sepi kayak kuburan, friendster boro2.. Blog pun ini masih merintis :P
    Aku ga punya bakat buat eksis, Chie! :D

    ReplyDelete
  9. ordinaryoktaviani : makasih mbk, emang kok aku lucu banget wkwkwkw.... *narsis akut.com*

    chie bukan cuma indra ke enam, budi ke enam juga, djoko ke enam juga, anton ke enam juga, dan keenam-keenam lainnya wkwkwkw...
    *ngoment dg otak lg drop* whehehe @.@

    ReplyDelete
  10. kalo yg doyan gonta-ganti status FB, mending hijrah lah ke twitter/jaiku/plurk. disana emang tempatnya buat micro-blogging.

    klo masih kurang tuh 140 karakter? ya nge-blog lah :D

    ah FB, ah Twitter. dulu taun 2008 kukira FB bakalan bertahan paling nggak sampek 5 tahun. eh menjelang 2010 ini, kok kayaknya teman2ku udah mulai males FB-an.

    twitter jg gt. sejak aktif ngetweet dr pertengahan 2009, kukira bs yah 2-3 tahun lah bergaul disini, eh 2010 belum ebrakhir, udah jenuh aja.

    yg sudah pasti (insyaalloh, ding...) bakalan menginjak usia 5 thn ya blog-ku, bln Desember ini.

    *panjang ya komennya? haha.. maap*

    anyway, LOVE THIS POST SO MUCH!

    ReplyDelete
  11. "dituangkan makhluk-makhluk itu"

    gw brasa kyk jin dalam botol ci..

    ReplyDelete
  12. status update: "y4nG p3nTinG Upd@t3 aKh..." (haha)

    ReplyDelete