Friday, October 29, 2010

5 Tips Menghemat Baterai Laptop

Coba bayangin saat kamu lagi asik duduk santai di Starbuck dan siap untuk browsing-browsing lagi sambil nikmatin secangkir Latte - dan menemukan bahwa baterai laptop kamu tinggal 5%. Celingak-celinguk nyari stop kontak sepanjang mata memandang ga da colokan. Udah gitu browsingnya lagi nanggung pulak.

Sebel? Kesel? Frustasi? Pengen bunuh diri?

Eits, simpen dulu sendoknya. Nih saya punya tip-tip gimana caranya biar daya tahan baterai laptop kita meningkat lebih lama.

Siap? Tarik napas dalam-dalam. Pasang mata baik-baik. Mulai!

Tip 1: Power Down the Display

galleree.net : Kamu tau ga ternyata cara yang paling efektif untuk menghemat Battery laptop adalah dengan merendahkan Brightness dari Layar Laptop ? 

Sudah diketahui bahwa hanya dengan merendahkan Brightness Layar Monitor kita satu level saja dapat menghemat baterai Laptop kita sampai dengan 10 Menit. Kamu dapat melakukan hal ini dengan Mengklik Start -> Settings -> Control Panel -> Display. Kamu juga dapat melakukan disable terhadap Cool Effect Seperti Clear Type Fonts dan Fade Affect untuk mengurangi Konsumsi CPU.

Power down the laptop display to save battery power

Tip 2: Turn Off Unused Devices

DellJakarta.com : Seperti yang kamu ketahui, banyak sekali laptop laptop baru sekarang sudah memiliki Wi-Fi. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Koneksi Wi-fi itu sangat haus akan penggunaan listrik. Pastikan kamu mematikan Koneksi Wi-fi bila kamu tidak menggunakannya.

Tip 3: Decrease Hard Drive Activity

lenovojakarta.com : Harddisk laptop kamu juga salah satu pemakan listrik yang haus. Untuk menghemat power, kamu harus mengurangi frekuensi memutar (spin) dari harddisk kamu. Untuk melakukan ini kamu dapat mencoba defrag Harddisk secara reguler. Defrag harddisk dilakukan dengan Disk Defragmenter di Start -> Programs -> Accessories -> System Tools Menu  

Kamu juga dapat melakukan optimasi Windows Paging File (Area dari harddisk Laptop anda yang berfungsi sebagai virtual memory ketika memory RAM kamu penuh). Dengan optimisasi Besarnya Paging File akan memastikan bahwa harddisk akan lebih jarang diakses ketika memory RAM anda penuh. Untuk merubah hal ini, Akses Control Panel -> System -> Advanced -> Performance Setting -> Advanced -> Virtual Memory Change. Setting baik Initial dan Maksimum Paging File menjadi 1.5 kali dari kapasitas Memory yang terinstall.   

Tip 4: Disable Startup Items

itshopjakarta.com : Berikut ini Tips yang lain. Me-nonaktifkan item-item startup yang tidak diperlukan. Item-item startup ini sangat menguras power laptop pada saat laptop Boots Up dan untuk itu diperlukan waktu kira kira 20 – 30 detik untuk semua program-program kecil dapat diload kedalam memory. Kamu dapat me-nonaktifkan item-item dalam program startup tersebut dengan cara masuk ke tabulasi Startup dan Hapus program program yang tidak inginkan pada saat Boot.

Tip 5: Condition the Battery

Satu hal yang perlu diingat mengenai baterai laptop adalah kamu harus mengkondisikannya. Ketika kamu baru pertama kali membeli sebuah laptop baru, lakukan carging baterai sampai 100% dan kosongkan (Discharge) baterai kamu. Selanjutnya Charging kembali ke 100%. Ini hanya mengkondisikan baterai dan untuk mengetahui seberapa banyak arus elektrikal dapat ditampung oleh baterai laptop kamu. Setelah melakukan ini, kamu tidak perlu untuk mengosongkan baterai kamu kembali. 

Nahhh, sippp kan. Sekarang kamu bisa asik lagi berselancar di dunia maya sambil nyeruput Latte kesukaan.


*artikel: milis Galleree.net dengan editan ala kadarnya

11 comments:

  1. wuhuuuu tipsnya oukeh banget ini!!! mkasih ya udah posting ginian, kbetulan lagi butuh :)

    ReplyDelete
  2. tipsnya bagus tapi telat chie, batre aku mah udah soak maksudnya batre laptopku yah.. huehehe :P

    sekarang kalo gak ada listrik yah merana, gak bisa nyala. mo beli batre baru blom ada duit, lg ngincer kira2 celengan sapa neh yg bisa dibobol heheh..
    ^-^v *semangat mencari korban*

    ReplyDelete
  3. @perez: yeiyyy, kembali kasihhh :) berhasil gak rubah2 setingannya? :p

    @fie: *lari ke kamar umpetin celengan biar ga di bobol kamuuuhh* hehehe.. btw dirimu dateng pesta blogger besok tak fie? dateng dongggggggg.. dateng yah yah yah *maksa* sapa tau dapet leptop baru kan tuh yah :p

    ReplyDelete
  4. yah achie knapa celengannya di umpetin, klo gitu celenganan mbk e ajah deh huehehehe... *semoga mbk e gak baca commentku, biar celengnya gak diumpetin hihihi* ^^v

    mau banget dateng tapi aku harus menjaga Surabaya. just info, gak niat sombong. kamu pasti bangga kenal sama akuh. Kalo aku gak di sbya nanti sbya bisa jadi dingin gak panas lagi secra gitu yah kita kan putri HOT nya sbya huehehehe.... :P

    taon depn ajh ngikut ato kalo lg ngetrip ke jkt kita kopdar, okey, have fun yah pb-nya,ditunggu ulasannya ^-^

    ReplyDelete
  5. *celingakcelinguk* adek, celengan ak mw diambil fie.. ssttt.. ni ni,tlg umpetin.. dmn kek gt.. tp jgn dperut y.. it bukan cemilan kesukaan adeknya soalnya.. ssttt.. *celingakcelingukjalanmindikmindik*

    ReplyDelete
  6. sekarang sudah gak pernah lagi bawa laptop keluar rumah, hehehe... but thx for the info :D

    ReplyDelete
  7. Tsaaah ngomongin lebtop...lebtop gue ilang!!
    hi chibon, ga bermaksud menghapus lo dari memori, cuma no hp lo di memori hp gue ilang :)) send it back. 0817823776 duh kek promosi nomer, but please jangan diisengin ya :p

    ReplyDelete
  8. baiklah, semua tips ini akan saya praktekkan... bbrp taun ke depan kalo saya udah beli laptop lagi ;P

    ReplyDelete
  9. @fie: :)) bener yah taun depan yah, dicatet nih :D

    @mba e: hihihi, sini aku umpetin celengannya buat aku beliin cemilan aku yaaa :p

    @mba ndutyke: di praktekin buat dirumah juga bisa ko mba :)

    @tam: hahahaha, gw kasi ke tukang kredit panci ahhhh nomer lo :))

    ReplyDelete
  10. @mba des: kasitau akuuu berhasil ato ga nya ya mba des :p

    ReplyDelete
  11. Glad to be visited in this blog.
    Interesting blog :)

    http://hocilin.blogspot.com

    ReplyDelete