Friday, August 15, 2008

Bermain dengan Kokology

Pernah denger kata KOKOLOGY?

Apaan tuh?

Ga tau! Gw juga baru denger.

Gw menemukan kata-kata ini dalam sebuah buku ketika gw lagi ngiterin perpus fakultas beberapa hari lalu. Emang dasar gw ga niat ke perpus, jadi gw nyari buku apa aja yang kira-kira menarik buat di baca dan bisa membuat gw lupa sejenak akan skripsi gw, hehe.

Dan gw menemukan buku ini. Warnanya yang eye catching dan judulnya yang buat gw penasaran membuat gw memilihnya untuk dibawa pulang.


Buku ini merupakan buku yang berisi permainan psikologi yang dapat membuat kita mengetahui emosi dan sifat tingkah laku seseorang. KOKOLOGY berasal dari kata KOKORO [bahasa Jepang] yang artinya pikiran, semangat, perasaan. Sebelumnya kokology ini pernah sukses di Amerika dan Eropa. Kokology ini dibuat berdasarkan prinsip-prinsip psikologi yang pertama kali dikembangkan di dunia barat dan sengaja dibuat melalui berbagai macam permainan psikologi agar lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum di Jepang.

Gw sendiri sudah membaca buku ini. Sedikit banyak buku ini bisa membuat gw tau dan sadar akan emosi-emosi positif dan negatif dalam diri gw. Walaupun ga semua yang ada dalam permainan ini sesuai, tapi permainan-permainannya patut buat di coba.

Menurut pengembang permainan ini, Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin bermain. Salah satunya adalah KATAKAN HAL PERTAMA YANG MUNCUL DIKEPALA LO dan JANGAN BERUSAHA MENGIRA-NGIRA JAWABAN.
Yang ga kalah penting adalah TETAPLAH BERPIKIRAN TERBUKA karena ga da jawaban yang benar. Ada banyak cara untuk membaca dan menghadapi tiap situasi yang terjadi dalam hidup kita.

Gw akan menuliskan tiga permainan dalam buku ini agar lo bisa mencoba. Mau tau lebih banyak?? BELI DOONGG!! :D Jawaban dari tiap permainan akan ada dibawahnya, jadi JANGAN LANGSUNG MELIHAT KE BAWAH UNTUK MEMBACA JAWABANNYA. Sedia kertas dan alat tulis daaaan SELAMAT MENCOBA!!

*****

PERTAMA,
Bayangkan diri anda sedang berjalan menyusuri kota. Hari itu sangat indah. Anda sedang berangan-angan. Anda berbelok ke arah jalan yang tidak pernah dilewati sebelumnya. Selagi berjalan, anda melewati rumah yang indah diseberang jalan. Anda berhenti sejenak untuk mengagumi rumah yang indah itu dan memperhatikan pintunya terbuka setengah. Mengapa pintu itu sedikit terbuka?

  1. rumah itu dirampok
  2. pemiliknya lupa mengunci
  3. pemiliknya berada di dalam


KEDUA,
Sebuah pot tanaman yang ada di balkon jatuh. Anda segera keluar untuk melihat kerusakannya. Apa yang anda lihat?

  1. tanaman jatuh dan tetap utuh
  2. pot rusak, tapi tanaman tidak rusak
  3. pot dan tanaman rusak tanpa dapat diperbaiki
  4. karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat


KETIGA,
bayangkan anda sedang tersesat di hutan yang gelap dan mulai merasa lapar ketika tiba-tiba bertemu dengan rumah yang terbuat dari permen. Setelah memeriksa daerah itu untuk memastikan tidak ada nenek sihir yang bersembunyi, anda mulai siap mengambilnya. Bagaimana anda menyantap rumah permen itu?

  1. saya mulai makan apa saja yang kelihatan
  2. saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujumpai
  3. saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja
  4. saya tidak suka permen


*****

JAWABAN PERTAMA,
Dalam alam bawah sadar, alasan mengapa membayangkan pintu terbuka berhubungan dengan cara membuka diri dan menyingkap kelemahan anda terhadap orang lain.

  1. rumah itu dirampok
    Anda cepat mengambil anggapan terburuk di setiap situasi. Sifat ini terlihat sebagai bukti yang jelas ketika ternyata benar-benar terjadi sesuatu. Anda tidak pernah bingung dalam menghadapi saat-saat genting, tetapi hanya terlalu sibuk karena panik. Jadi lain kali jika bencana datang, miliki pikiran jernih. Ingatlah selalu untuk terlebih dahulu mengambil napas panjang dan menghitung sampai sepuluh. Baru anda boleh pingsan.
  2. pemiliknya lupa mengunci
    Anda bukan tipe orang yang terhanyut dalam situasi genting. Sebaliknya, anda sangat santai, bahkan tidak memperhatikan situasi genting muncul. Kesalahan yang anda buat lebih banyak disebabkan kelalaian, bukannya maksud yang buruk. Tapi hasil akhirnya bagi anda (dan orang lain) adalah sama.
  3. pemiliknya berada di dalam, sedang menyapu pintu masuk
    Anda mungkin nampak seperti orang yang santai. Tapi tidak pernah membiarkan diri lengah. Memiliki kesiagaan konstan seperti itulah yang membuat diri anda menjadi dewasa seperti sekarang. Tentu saja anda masih memiliki kelemahan yang bersifat manusiawi, hanya saja jangan memperlihatkannya ke seluruh dunia.


JAWABAN KEDUA,
Kehidupan pot bunga yang terjaga berhubungan dengan sisi karakter tersembunyi anda yang terjaga. Selain itu juga berhubungan dengan cara anda menahan dunia memasuki kehidupan sosial anda.

  1. tanaman jatuh dan tetap utuh
    Anda terlihat kuat dan percaya diri serta selalu ingin mendemonstrasikan ketenangan di tengah-tengah masalah. Dibalik wajah yang keras, anda adalah seseorang yang lebih peduli menjaga citra.
  2. pot rusak, tapi tanaman tidak rusak
    Anda nampak tenang dan tidak dapat diganggu orang lain. Kenyataannya anda tidak suka menunjukkan emosi. Perasaan yang tertutup semakin besar. Tidak ada pot yang dapat menampung mereka selamanya.
  3. pot dan tanaman rusak tanpa dapat diperbaiki
    Anda nampak pandai bicara dan tidak mau menonjolkan diri. Tapi “pendengar alamiah’ itu sedang berteriak meminta kesempatan bersinar di panggung utama. Anda hanya menunggu kesempatan untuk keluar dari tempat yang mengurung anda.
  4. karena alasan tertentu, pot dan tanaman tidak terlihat
    Anda pintar menciptakan kesenangan dan membuat orang lain tertawa. Anda fasih menyembunyikan keseriusan. Bahkan sisi pemalu anda tidak ditunjukkan kepada dunia.


JAWABAN KETIGA,
Dalam tingkat perilaku, cara mendekati rumah permen menyingkap pendekatan anda terhadap persahabatan.

  1. saya mulai makan apa saja yang kelihatan
    Anda selalu berterus terang dalam berurusan dengan dunia. Nyaris seperti seorang anak yang polos. Pendekatan langsung ini membuat anda mudah dimengerti dan diterima orang lain. Sadari bahwa tidak semua orang memiliki sifat polos dan jujur seperti anda. Kadang-kadang kejujuran membuat anda sedikit terlalu dapat dipercaya. Anda dikenal sebagai orang yang terburu-buru.
  2. saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujumpai
    Dunia penuh dengan manusia. Anda tidak keberatan bertemu dengan mereka semua. Anda ahli menemukan kualitas yang baik dalam diri orang lain. Tapi keinginan anda mencicipi sedikit juga dapat dinilai sebagai ketidaksediaan terlibat terlalu dalam dengan satu orang. Memang bagus dapat menikmati segala jenis rasa. Ada saatnya anda akhirnya harus mengaku kepada seseorang “kau adalah orang yang paling baik dari semuanya”.
  3. saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja
    Jika dapat menemukan satu orang saja di dunia yang punya minat, selera, dan aspirasi seperti anda, itu sudah cukup. Dapat menemukan seseorang yang melihat dunia sama seperti anda adalah suatu hal yang indah. Tapi dengan membatasi diri dengan satu rasa dalam hubungan, anda mungkin sedang menjauhkan diri dari pengalaman indah diseluruh dunia.
  4. saya tidak suka permen
    Anda mempunyai pandangan bahwa mundur dari kerumunan orang banyak adalah sangat baik buat diri sendiri. Dalam berusaha memisahkan diri, anda kadang terlihat sebagai seseorang yang terlalu keras untuk terlihat berbeda. Ingat, orang yang paling takut dianggap sebagai orang biasa adalah mereka yang cocok dengan deskripsi tersebut, yaitu dianggap sebagai orang biasa.

19 comments:

  1. huahaha...saya juga dah pernah main,, bikin ngakak

    ReplyDelete
  2. udah dicoba! yang pertama malah gue mikirnya Putri Salju.

    ReplyDelete
  3. saya udah nyoba, teernyata gw itu orang yang dewasa, jujur, santai, dan tenang.. haha, saya hebat kan..

    ReplyDelete
  4. udah gw coba, pilihan jawaban gw 2 3 3. jadi pengen beli bukunya, tar kalo ke gramed cari aaaah...

    ReplyDelete
  5. wahh,,emang ni da yang jual pa ya??

    menarik2..gua jadi lebih ngerti dengan diri gua sendiri..hihi..

    sekedar info aja,,gua milih pilihan 3,2,1 diurut dari atas kebawah..hihi

    ReplyDelete
  6. gw baru kali ini tau kokology, semuanya kayak sesuai dengan gw... nice! wanna have one... gw link yah...

    ReplyDelete
  7. hehe...udah gue coba, dan ternyata, hmmmm....emang manjur tenan!!!

    ReplyDelete
  8. Kayaknya bukunya keren tuh...Bisa dimasukin skripsi loe kan?

    ReplyDelete
  9. wow!! ada pertanyaan lain kak?
    ni jawaban sy:
    1. pemilik lupa ngunci
    2. pot rusak tanaman utuh
    3. makan permen yg disukai

    jawabannya emang gua bgt..
    hihi.
    nice posting..

    ReplyDelete
  10. maw pinjem dong chiee bukunyaa
    * males beli :p

    ReplyDelete
  11. gue berarti pendiem ya




    WAAAA!!!!! Ga mungkin orang kayak gue pendiem!!!


    Mbak perkasa, bukunya beli dimana? penasaran neeh

    ReplyDelete
  12. jawaban gw keren2. Apalagi yang ketiga. gak mau dianggap sebagai orang biasa. Tapi kesannya gw introvert bgt yah? heheh

    Bikin permainan kokodanang ahhh

    ReplyDelete
  13. Blognya keren bgt, wanitaperkasa...wkakkakaa... hidup wanitaaaa! :) Lam kenal juga ya

    ReplyDelete
  14. wahahaha jawaban gue dah paling ahoy .. 3 2 1 . hahaa keren2 dah jawabannya .. aneh2 aja bukulo.. mending buku puzzle hehe

    ReplyDelete
  15. hhe mbak kalo ga ada ide posting enaknya ngapain ya?

    ReplyDelete
  16. baru dengar KOKOLOGY ;) ntu sodara kembarnya KOKO AGUNG ya ??

    ReplyDelete
  17. baru tau kokology neh..td iseng2 nyobain pertanyaannya juga..hmm..not bad lah hasilnya buatku..:)

    ReplyDelete